Poles Tegel Yogyakarta

image credit: rumahcantik2a

Poles Tegel Klasik yang Jadul dan Tegel Baru

Awalnya beberapa tukang poles lantai di Zaid Romly & Partner adalah tukang poles yang sejak puluhan tahun bekerja sebagai tukang poles lantai untuk perusahaan tegel handmade yang jadul dan kuno warisan kolonial Belanda di Yogyakarta. Tegel jenis jadul ini seperti digunakan di lingkungan Kraton Yogyakarta dan beberapa tempat bersejarah maupun rumah tua di Yogyakarta dan sebagian Indonesia.

Kemudian, semenjak krisis ekonomi yang mendera Indonesia di tahun 1997, perusahaan tegel klasik tersebut ikut terhantam dan tidak mampu bertahan. Diperparah lagi dengan serbuan ubin-lantai dengan ragam dan jenis baru mulai dari keramik, marmer dan granit.

Tercatat ada dua perusahaan tegel klasik paling besar di Yogyakarta ikut tumbang atau setidaknya mengalami koma selama beberapa tahun. Semenjak itu pula nasib tukang-tukang poles tegel ikut terimbas; kehilangan pekerjaan dan harus berpikir ulang mencari kerja untuk menafkahi keluarga.

Berbekal keahlian bertahun-tahun sebagai tukang poles tegel dan pengembangan teknik baru, beralihlah tukang-tukang poles tegel menjadi tukang poles lantai lain seperti marmer, traso dan lain-lain, sehingga jadilah tukang poles lantai yang bergabung di grup tukangpoleslantai.com sangat berpengalaman menangani pekerjaan poles beragam jenis lantai. Sampai saat ini banyak sekali pelanggan yang sudah mempercayakan pekerjaan poles lantai kepada kami. Mulai dari rumah-rumah pribadi sampai gedung berlantai luas.

Sekarang perusahaan tegel tengah bangkit, walaupun belum se-jaya dulu. Beberapa tukang kembali join ke perusahaan tegel, beberapa lainnya bekerja di perusahaan marmer. Banyak juga yang memilih untuk membuka jasa poles lantai secara mandiri. Seperti Zaid Romly & Partner ini. Grup masyarakat yang melayani pasang dan poles lantai.

Kebangkitan Tegel Jadul dan Klasik

Saat ini tegel jadul yang klasik sangat diminati oleh sebagaian besar masyarakat di Indonesia, terutama yang mengilhami nilai seni dan historis. Dua perusahaan besar tegel di Yogyakarta-pun mulai beroperasi dan meningkatkan kapasitas produksi ingin meraih pangsa pasarnya kembali, memenuhi banyak permintaan beberapa hotel dari Bali, Jakarta, Bandung dan tempat lain. Disisi lain kami yang menjadi tukang poles secara mandiri juga sering kebanjiran order poles lantai tegel, awal dari pekerjaan kami. Tentu kami sangat bersyukur.

Nah, jika di rumah tinggal anda sekarang memiliki lantai tegel jadul warisan orang tua maka sebaiknya ada mempertahankannya, karena tegel jenis tersebut saat ini menjadi tren dan harganya sangat tinggi apabila membeli baru. Kalaupun sudah buram dan mulai rusak di beberapa bagian, maka biarkan kami yang memolesnya ulang agar kembali halus dan megkilap. Sayang, jika anda akan menggantinya ke lantai jenis lain.

Namun jika anda memasang tegel baru, anda juga dapat mempercayakan pada kami untuk pasang maupun poles tegel pertamanya. Karena biasanya tegel yang baru keluar dari proses cetak produksi masih harus dipoles untuk memunculkan kilapnya. Tentu kami menawarkan biaya yang lebih terjangkau dan pengerjaan yang profesional. (ZR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*